Sabtu, 01 Agustus 2020

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih

Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia pasti memasang bendera merah putih di depan rumahnya untuk memperingati kemerdekaan RI. Biasanya, pemasangan bendera dilakukan dekat-dekat tanggal kemerdekaan 17 Agustus dan setelahnya bisa langsung diturunkan. Namun, kali ini berbeda.

Jumat, 31 Juli 2020

PERAYAAN IDUL ADHA DAN TIPS TENTANG MENYATE

Hewan Kurban

Alhamdulillah, Idul Adha telah tiba! Ritual setiap Idul Adha alias Idul Kurban ini diawali dengan mandi pagi untuk kemudian sholat Id bersama baik di masjid, mushola, halaman rumah, maupun di jalan. Keempat titik tersebut dipilih karena untuk menghindari penularan covid-19 (sholat Id tidak diadakan di lapangan luas seperti tahun-tahun sebelumnya). Segera setelah sholat, karena ini hari Jumat, hewan-hewan kurban langsung disembelih satu per satu. Untuk kambing, pengurbanannya diatasnamakan perorangan, untuk sapi, diatasnamakan kelompok (secara harga sapi mahal banget yaa, kecuali bagi yang betul-betul berduit).

Senin, 27 Juli 2020

PERSIAPAN MENUJU IDUL ADHA DAN ASAL-USUL SUNAH BERKURBAN

Idul kurban atau Idul Adha sebentar lagi datang. Jutaan sapi dan kambing akan disembelih sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah yang Maha Besar. Sebenarnya, ini juga merupakan jalan pintas untuk dicintai Allah lho.... Sayangnya aku belum bisa berkurban. Sedih. Semoga tahun depan bisa berkurban, kalau bisa sapi dah.

Minggu, 26 Juli 2020

ANGKRINGAN PUNCAK MBIBIS, Tempat Ngetemnya Goweser

Angkringan Puncak Mbibis

Angkringan yang satu ini beda sama yang lain. Mirip-mirip Spot Riyadi lah. Jadi angkringan ini menawarkan pemandangan eksotik di atas bukit berupa hijau-hijauan pepohonan dan persawahan dengan sedikit bangunan. Selain itu, terdapat pula jajanan yang bermacam-macam seperti camilan dan jajan pasar. Ada juga penawaran makan besarnya lho. Di tempat ini sudah terhidang prasmanan sayur-mayur dan aneka lauk. Yang terkenal ya sate keong. Sate yang langka ditemukan di perkotaan bahkan perkampungan.

Sabtu, 25 Juli 2020

3 PEMANFAATAN LAHAN UNTUK KEPERLUAN INTERAKSI SOSIAL

Taman
https://www.pexels.com/photo/trees-in-park-257360/

Interaksi sosial biasa kita lakukan di komunitas-komunitas dengan hobi yang sama, lingkungan kerja, atau dalam rangka memperoleh ilmu. Lalu, bagaimana dengan interaksi sosial di kampung? Di kampung, kita berinteraksi dengan bertandang ke rumah tetangga atau karena ada aktivitas semisal pengajian, kerja bakti, senam, dll.

Lahan itu penting untuk berinteraksi sosial. Lalu, lahan yang seperti apakah yang cocok untuk berinteraksi sosial?

Jumat, 24 Juli 2020

SERBA-SERBI RUKUN TETANGGA, Rukun Agawe Santoso, Crah Agawe Bubrah

Ketua RT

Kita tahu bahwa RT adalah singkatan dari Rukun Tetangga. Rukun Tetangga (Tonarigumi) adalah warisan dari zaman pendudukan Jepang. Pembentukan RT ini digagas untuk tujuan merapatkan barisan penduduk Indonesia sekaligus berfungsi melakukan pengendalian dan pengawasan pemerintah militer Jepang terhadap penduduk di suatu wilayah. Seiring dengan kemerdekaan Indonesia, RT pun berubah peran.

Rabu, 22 Juli 2020

VINUSHA MK, KETIKA PASSION MENUNTUNNYA MENJADI WIRAUSAHAWAN CILIK TERKEMUKA INDIA

Vinusha MK

Usianya memang baru 10 tahun. Namun, gadis kecil ini sudah menjadi seorang wirausahawan terkemuka di India! Dia adalah Vinusha MK. Passion-nya di bidang baking membawanya menjadi seorang wirausahawan. Di usianya yang baru 10 tahun, dia sudah mendirikan usaha di bidang pastry dengan nama “Four Seasons Pastry” pada 15 September 2019. Tak sampai di situ. Dia pun telah mendaftarkan usahanya dengan nama perusahaan “Vinusha Four Seasons Pastry Pvt Ltd”.

Jumat, 17 Juli 2020

CARA MAKAN MIE INSTAN AGAR TERHINDAR DARI RASA BERSALAH

https://www.pexels.com/photo/cooked-seafoods-699953/

Terkadang, kita merasa bersalah karena telah makan makanan yang kurang baik seperti mie instan. Nah, untuk mengurangi rasa bersalah itu, boleh lho sahabat coba trik berikut:

Kamis, 16 Juli 2020

MEREBUS TELUR DENGAN DAUN JAMBU BIJI?

Telur
https://www.pexels.com/photo/bunch-of-multicolored-eggs-on-wooden-table-4207652/

Merebus telur ternyata ada trik-triknya juga. Trik supaya kulit mudah dikupas dan trik supaya warna cangkang telur menjadi cokelat tua bagus seperti pada nasi ater-ater (nasi, lauk, dll dalam besek yang dibagikan kepada warga sekitar karena sedang ada hajatan). Triknya sebagai berikut:

Selasa, 14 Juli 2020

PERANG LAWAN CORONA Versiku, Sebuah Cerita yang Akan Diwariskan

Covid-19
vivanews.com

Corona merupakan sebuah kejadian luar biasa di mana sebuah virus berhasil menginvasi hampir seluruh dunia. Perang melawan corona pun bisa ditemukan di mana-mana. Indonesia sendiri lebih memilih berdamai dengan corona dengan kaidah “New Normal” di mana penduduk sudah dibebaskan untuk beraktivitas di luar rumah namun dengan tetap Jaga Jarak, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Memastikan Sirkulasi Udara dalam ruangan lancar. Aku pribadi memilih untuk fifty-fifty. Berikut yang aku lakukan dalam #peranglawancorona #covid19.

Senin, 13 Juli 2020

6 MACAM BUNGA KERING UNTUK RANGKAIAN BUNGA

Dried Flower Dome
classbento.com.au

Bunga segar sering kita pakai untuk dekorasi dan buket. Tentu indah bukan? Sayangnya, kesegarannya hanya tahan beberapa hari sampai kemudian kering. Ternyata, kalau bunga sudah kering, ada lho yang bisa dimanfaatkan untuk dekorasi dan buket yang lumayan bagus. Bunga keringnya bisa ditata dengan sesama bunga kering atau dicampur dengan bunga segar. Lalu, apa saja jenis bunga-bunga kering tersebut?

Sabtu, 11 Juli 2020

KEHIDUPAN MENURUT FILOSOFI TAKIR, salut dengan budaya Jawa

Takir Untuk Wadah Bubur
njajan.com

Ada bermacam-macam wadah yang bisa dibuat dengan daun pisang. Tiga di antaranya adalah takir, sudi, dan pincuk. Takir biasanya dibuat sebagai tempat nasi dalam nasi ater-ater (nasi dengan lauk dll yang dibagikan kepada warga karena ada hajatan). Takir ini ukurannya cukup besar untuk menampung nasi dan berbentuk balok tanpa tutup. Sudi, biasanya dipakai untuk tempat mie, capcay gandum, dan sambal kerni pada nasi ater-ater. Sudi ini ukurannya kecil, berbentuk lingkaran, dan mengerucut di tengahnya. Pincuk dibuat dengan melipat salah satu bagian daun pisang lalu dikunci dengan tusukan lidi. Pincuk biasanya dipakai untuk wadah bubur areh atau sate lonthong. Dalam memakan bubur areh, biasanya sendoknya dari daun pisang yang agak dilipat, dinamakan suru.

Jumat, 10 Juli 2020

MENGENAL BUMBU PAWON

Ilustrasi Bumbu Pawon
br.toluna.com


 Di dekat kamu ada warung sayuran? Kalau ada, biasanya di situ ada yang jualan “bumbu pawon” (bumbu dapur). Kamu sudah tahu belum bumbu pawon yang biasanya diplastikin jadi 1 itu isinya apa aja? Kalau belum tahu, sini aku kasih tahu. Bumbu pawon itu biasanya terdiri dari rimpang-rimpangan, dedaunan, dan rempah-rempah. Apa saja itu? Berikut sekilas ulasannya!

Kamis, 09 Juli 2020

MENIKMATI TEH DI 4 NEGARA

Teh Panas
https://www.pexels.com/photo/teacup-with-tea-905485/ 

Teh dan teh. Hampir semua orang di dunia ini sehari-harinya tak bisa lepas dari teh. Dalam menikmatinya, teh bisa diminum tanpa atau dengan makanan tertentu. Bahkan, di negara tertentu ada upacara minum tehnya juga lho. Berikut sekilas tentang menikmati teh dari 4 negara.

Rabu, 08 Juli 2020

5 PEMANFAATAN DAUN PISANG, ada yang bikin kita nostalgia!

Daun Pisang
tokopedia.com

Daun pisang memiliki banyak kegunaan di kehidupan kita. Apa saja itu?

1.      Pembungkus Makanan
Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa daun pisang banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan seperti lontong, lupis, pepes, dll. Pada dasarnya, semua jenis daun pisang bisa digunakan untuk pembungkus makanan, cuma yang paling bagus adalah daun pisang kluthuk. Hal ini karena daun pisang

Selasa, 07 Juli 2020

CARA BIKIN TERONG BALADO SEDERHANA

Terong Balado
abayaminexite.my.id

Bagi penyuka terong, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya masakan “Terong Balado”. Masakan yang memiliki sensasi pedas ini mau aku abadiin nih resep masakannya. Ini dia Resep Masakan Terong Balado sederhana ala aku sebagai pemasak pemula dengan bumbu yang professional.

Minggu, 05 Juli 2020

6 CAMPURAN TELUR DADAR ENAK!

Telur Dadar

Kamu suka telur dadar gak? Kalau suka, pastinya bosen kan kalau telurnya cuma sekadar didadar terus tanpa variasi? Nah, di sini aku mau kasih tau campuran apa saja yang bisa kamu aplikasikan untuk telur dadarmu mulai dari sayuran sampai bumbu (daging enggak hehe) yang dijamin enak versi lidah saya.

Sabtu, 04 Juli 2020

5 MACAM SARAPAN YANG ADA DI INDONESIA (JOGJA)

suara.com

Sarapan di tiap-tiap negara pasti beda. Ada yang ringan, ada yang berat. Nah, kalau di Indonesia sendiri sih menurut kacamata aku cenderung berat karena kebanyakan kita mengonsumsi karbohidrat sebagai sarapan dalam jumlah besar.

Yogyakarta (Jogja) merupakan salah satu tempat wisata favorit dalam negeri. Sudah banyak orang berwisata ke kota pendidikan dan wisata ini. Coba tanya deh ke orang-orang yang pernah ke Jogja mulai dari anak kost sampai wisatawan, mereka pada sarapan apa di sini. Kalau mereka enggak mau jawab ni hehe, berikut aku rangkumkan 5 macam sarapan yang bisa kamu temui di Jogja.

Kamis, 02 Juli 2020

ANEKA KREASI DESSERT TAPE KETAN

Dessert

Tape Ketan merupakan makanan tradisional dari daerah pasundan Jawa Barat. Tape Ketan sendiri sangat terkenal di daerah Kuningan, Jawa Barat.

APA ITU TAPE KETAN?
Tape Ketan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dengan rasa manis ataupun asam manis hasil fermentasi menggunakan ragi selama kurun waktu tertentu. Selama fermentasi, akan dihasilkan pula alhokol namun dengan kadar yang sedikit. Tenang, tape ketan ini halal kok, tidak memabukkan.

Di zaman sekarang ini di mana tercipta berbagai inovasi pangan. Tape ketan pun diolah sedemikian rupa sehingga tercipta berbagai kreasi modern. Olahan-olahan tape ketan itu di antaranya adalah

Senin, 22 Juni 2020

HAL-HAL YANG BISA DILAKUIN DI KEBUN

Kebun
https://www.pexels.com/photo/bloom-blossom-flora-flower-130154/

Di masa pandemi corona ini, tak dipungkiri banyak orang berada di rumah menjaga diri agar sebisa mungkin tidak keluar-keluar rumah kalau tidak penting. Beberapa aktivitas pun dilakukan untuk mengisi waktu #dirumahaja nya. Salah satu aktivitas yang dilakukan saat pandemi adalah berkebun, aku pun melakukannya tetapi tidak serius-serius amat sih. Apa saja hal-hal yang aku lakukan di kebun? Berikut 5 poin di antaranya!

Minggu, 21 Juni 2020

NAMA BUMBU DI MASTER CHEF YANG TERDENGAR ANEH BAGI PEMULA, ada yang pakai filosofi segala!

Bumbu

Master Chef memang sudah agak lama berlalu dan pasti selalu dinantikan tayangannya bagi para penggemar. Bagi para penggemar Master Chef yang belum pernah masak atau pemasak pemula, mungkin akan asing dengan istilah-istilah Bumbu Merah, Kuning, Genep, dll yang biasa disebut para juri maupun peserta. Sebenarnya itu bumbu apaan ya? Yuk kita intip sedikit penjelasan berikut!

Sabtu, 20 Juni 2020

PISANG: FILOSOFI, KISAH MISTIS, DLL DI KAB BANTUL, D. I. YOGYAKARTA

Kebun Pisang

Kita sering menjumpai tanaman pisang di Indonesia baik di kebun maupun di pinggir sungai. Ternyata, tanaman pisang memiliki filosofi yang bagus dan dijadikan sebagai tanaman hortikultura yang ikonik di kabupaten Bantul Jogja lho temen-temen. Yuk simak 5 hal yang perlu kamu ketahui soal pisang!

1.     Filosofi Hidup Tanaman Pisang


Seketika ditanam, pisang tidak terkungkung oleh musim. Di Indonesia, pisang bisa tumbuh sepanjang musim baik musim hujan maupun kemarau. Pisang pun bisa hidup di mana-mana baik lahan kering maupun lahan basah. Selain itu, selama belum berbuah, dipotong pohonnya pun pisang masih bisa tumbuh daunnya hingga berbuah. Menurut Partomo, Kepala Bidang Pertanaman Dinas Pertanian Kota Jogja 2018, hal tersebut 

Jumat, 19 Juni 2020

5 OLAHAN SINGKONG ENAK DAN BOLEH DICOBA

Singkong
https://pixabay.com/id/users/brett_hondow-49958/

Singkong merupakan bahan pangan murah yang bisa kita jadikan sebagai makanan pokok. Emang singkong enak? Ya jelas enak donggg dan singkong ini bikin kita awet kenyang. Yuk intip olahan-olahan singkong yang enak berikut ini!
1.      Sawut
Sawut
m.fimela.com

Kupas singkong lalu cuci. Parut singkong dengan parutan pasah (yang berlubang besar). Setelah itu, kukus sebentar saja karena gampang matang dan tidak perlu dibolak-balik. Angkat setelah matang. Beri parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa cair. Sajikan.

Jumat, 12 Juni 2020

JIMPITAN, GOTONG-ROYONG PENGUMPULAN UANG ATAU BERAS UNTUK KEMASLAHATAN BERSAMA

Jimpitan Uang Receh
Ini adalah hasil wawancara dengan bapak saya mengenai “Jimpitan” disertai referensi-referensi yang mendukung.

Apa itu jimpitan?
Jimpitan adalah uang kumpulan warga untuk menggerakkan ronda yang ditaruh pada sebuah wadah (biasanya irisan botol air mineral platik atau bambu) yang digantungkan pada tembok. Selaras dengan definisi yang bapak saya sampaikan, ahli budaya Jawa Prapto Yuwono menuturkan bahwa jimpitan adalah satu bentuk tabungan di desa yang tujuannya sekadar mengganti jasa ronda. Beliau juga mengungkapkan bahwa jimpit berasal dari bahasa Jawa yang artinya mengambil sedikit dengan tiga ujung jari, yaitu jempol, telunjuk, dan jari tengah.

Selasa, 26 Mei 2020

6 RESEP MAKANAN JADUL KELUARGA PETANI


Ilustrasi Istri Petani Memasak
Sumber:  agolf.xyz


Ini adalah cerita hasil bincang-bincang dengan ibuku (56 tahun) yang merupakan anak almarhum petani. Cerita ini berkutat soal makanan. Makanan yang dimakan pada zaman dahulu tentu berbeda dengan makanan zaman sekarang. Meskipun rasanya sama, yakni enak, tapi terdapat perbedaan dalam hal pengolahan. Makanan zaman dahulu tentu jauh lebih sederhana pengolahannya daripada sekarang. Berikut makanan yang dulu pernah dikonsumsi ibuku, terutama kakak-kakak dari ibuku.

Jumat, 10 April 2020

SEMUT-SEMUT ZAMAN NOW ANEH?

Semut
www.pexels.com/Poranimm Athith

Setauku ya, semut itu kan muncul karena mencium bau gula di atas meja atau di mana pun itu (kecuali semut di halaman hehe). Dulu waktu aku masih kecil, perilaku semut di rumahku ya kurang lebih seperti itu tetapi sekarang kok lain ya? Ada semut yang tiba-tiba nongol mengerumuni gorenganku, padahal gurih lho. Ada pula semut yang mengerumuni gelas berisi air putih padahal kan udah dicuci gelasnya pakai sabun. Kira-kira mereka kenapa ya kok perilakunya aneh gitu?

Sabtu, 04 April 2020

MAIN-MAIN DAN FOTO-FOTO DI AGROWISATA BHUMI MERAPI


      LOKASI       :  Jalan Kaliurang KM 20, Sawangan, Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta
      JAM BUKA  :  08.30—17.00 WIB
TIKET MASUK:  Rp 20.000/orang

Bagiku, Agrowisata Bhumi Merapi adalah tempat wisata di mana aku bisa bermain-main dengan hewan, menikmati pemandangan, dan foto-foto. Bhumi Merapi berada di bawah lereng Gunung Merapi yang bebas polusi udara. Tempat ini ramai dikunjungi keluarga dengan anak-anak kecil mereka terutama akhir pekan, tetapi jangan salah. Muda-mudi seperti aku dan yang lain-lainnya pun suka lho dengan tempat ini. Kok bisa ya? Berikut alasan mengapa kami menyukai tempat ini.

Kamis, 02 April 2020

KISAH TATIEK D. SUPRIASTUTI, DIRINYA PERNAH NOLAK DINIKAHI SULTAN JOGJA

Tatiek D. Supriastuti
Sbr:  DeviantArt/Fajarciptalin

Tatiek Dradjad Supriastuti merupakan anggota dewan yang lahir di Jakarta dari rahim seorang ibu bernama Susamtilah Soepono yang bersuamikan seorang ABRI, Soepono Digdosastropranoto. Dia adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara dan merupakan anak perempuan satu-satunya. Mungkin menjadi anak perempuan satu-satunya di antara enam saudara laki-lakinya membuat dia cenderung kelaki-lakian alias tomboy. Tak main-main. Dia pernah berusaha keras untuk berlatih terjun payung namun tanpa sepengetahuan ibunya. Sayangnya, di hari dia akan terjun payung, sang ibu justru mengetahui kegiatan ekstremnya sehingga dia dilarang terjun payung. Rupanya sang ibu khawatir kalau terjadi sesuatu kepada anak perempuan satu-satunya itu.

Minggu, 29 Maret 2020

CERITA ZAMAN DULU

Seorang ibu bercerita

Ada hal menarik yang ingin aku bagikan di sini. Ini adalah cerita-cerita ibuku yang lahir tahun 1960-an tentang kehidupan pada zaman beliau kecil. Aneh tapi nyata. Ceritanya tidak masuk akal dan terkadang membuatku ingin tertawa tetapi ini adalah masuk akal pada zamannya. Cerita Zadul (Zaman Dulu) ini aku juga lengkapi dengan fakta. Selain itu aku tambahkan juga cerita fakta yang tidak kalah menarik. Simak potongan cerita-cerita berikut!

Rabu, 25 Maret 2020

TRADISI MEMBAWA OLEH-OLEH DAN MACAM-MACAM OLEH-OLEH DI JOGJA

Toko Oleh-oleh

Hampir setiap orang di dunia ini mempunyai kebiasaan membawa oleh-oleh setiap habis pergi dari wisata. Kalau di Jepang, satu buah apel sudah bisa dikatakan sebagai oleh-oleh. Kalau di Indonesia khususnya Jogja kayak apa ya tradisi bawa oleh-olehnya?

Sabtu, 21 Maret 2020

SENAM KESEGARAN JASMANI DI JOGJA KAYAK APA?

Sbr:  Sehatq

Gak hanya Jogja sih yang menyelenggarakan senam, tapi hampir seluruh wilayah di Indonesia pasti ada yang namanya SKJ (Senam Kesegaran Jasmani), apalagi dalam dua kali era pemerintahan Presiden Jokowi ini, masyarakat dihimbau agar menyempatkan waktunya untuk senam atau jenis olahraga lainnya untuk kesehatan. Nah, kalau pelaksanaan SKJ di Jogja sendiri seperti apa sih? Berikut tabel yang menggambarkan senam yang digagas Sanggar Senam dan Warga Sekitar.

Selasa, 10 Maret 2020

RP5.000,00 DI JOGJA DAPET APA?

Sbr:  Wikipedia

Apa jadinya ya kalau kita cuma punya sisa uang Rp5k (Rp5.000,00) untuk makan di Jogja? Hey! Ini Jogja! Tidak perlu khawatir kalau uangmu cuma tinggal Rp5k, sebab dengan uang sejumlah itu di Jogja, kamu masih bisa makan, terlebih buat cewek yang makannya gak sebanyak cowok. Pengen tau akal-akalan apa saja buat makan hanya dengan Rp5k di Jogja? Simak uraiannya berikut ini!

Senin, 09 Maret 2020

ADA BERAPA SIH PERGURUAN TINGGI DI JOGJA?

Sbr:  CNN Indonesia

Kalau ditanya ada berapa banyak perguruan tinggi di Jogja (D. I. Yogyakarta), wah ada banyak nih. Namun, singkatnya, secara umum terdapat dua macam perguruan tinggi di Indonesia yaitu perguruan tinggi negeri dan swasta. Apa sajakah perguruan tinggi-perguruan tinggi tersebut?

Kamis, 05 Maret 2020

BELANJA MURAH DI JOGJA DI MANA?


Kaum wanita pasti tidak ada yang tidak mau dengan harga murah ples barang bagus. Apalagi untuk perantau yang baru saja datang ke Jogja baik dengan uang pas-pasan maupun berlebih. Pasti kalian mau dong dimanjakan dengan belanja murah, lengkap, dan barang bagus-bagus. Nah, sekarang timbul pertanyaan nih:  terus, kalau mau belanja yang seperti itu di Jogja enaknya kemana ya?

Rabu, 04 Maret 2020

Ronda, Kegiatan Malam Untuk Keamanan Bersama

Sbr:  kontan

Masalah keamanan lingkungan merupakan prioritas bagi seluruh lapisan masyarakat. Siang hari bukanlah waktu yang perlu ditakutkan dalam hal keamanan, tetapi bagaimana dengan malam hari di saat orang-orang sedang terlelap?

Senin, 02 Maret 2020

Kenalan Sama Raja Jogja Yukkk

Sumber:  Kagama

Kalian tahu donk kalau Jogja itu merupakan sebuah daerah yang istimewa. Kalian pasti juga sudah tahu kalau Gubernur tetap D. I. Yogyakarta adalah Raja Jogja sendiri yang saat ini adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X. Beliau bukan sembarang raja. Beliau adalah panutan bagi warga Jogja mulai dari pucuk Gunung Merapi hingga dasar lautan Pantai Parangtritis. Sosoknya bijaksana dan teladan bagi semua.

Jumat, 28 Februari 2020

MAWAR PUTIH UNTUK IBU




“Yes! Aku keterima!”


Kirana girang karena dia sukses mencari kerja di perusahaan besar impiannya, May Group. Sepertinya dia sudah tidak sabar untuk memberitahukan pencapaiannya kepada sang ibu tercinta.

Kirana kembali ke rumah naik kereta. Dalam perjalanan pulangnya, dia teringat akan masa kecilnya. Orang tuanya sering mengajaknya ke pantai, bercanda ria dan tawa. Kirana pun tersenyum mengingat kenangan masa kecilnya.

Sebelum menginjakkan kaki di rumah, Kirana menyempatkan diri mampir ke toko bunga. Dia membeli setangkai mawar putih kesukaan ibunya. Dia tersenyum memandangi setangkai mawar yang ada di hadapannya.

Kirana memberikan kejutan setangkai bunga mawar putih kepada seorang ibu-ibu berdaster yang sedang menyiram tanaman. Ibu-ibu itu pun senang dengan kepulangan Kirana. Dia adalah Bu Sumi, ibu dari Kirana. Bu Sumi semakin bertambah senang dengan keberhasilan yang dibawa Kirana.

Bu Sumi membeli sepasang sepatu untuk Kirana. Dia memberikan sepatu itu sebagai hadiah atas keberhasilan Kirana mencapai impiannya. Kirana tersenyum atas pemberian ibunya.
***

“Halo. Ibu apa kabar?” tanya Kirana yang saat ini telah berada di luar pulau karena pekerjaannya.
“Kirana..,” Bu Sumi menjawab telepon Kirana. Saking bahagianya, Bu Sumi tidak bisa berkata apa-apa.
“Ibu?” tanya Kirana heran.
“Ibu… gak papa Nak… Ibu baik-baik saja. Ibu bahagiaaa sekali Nak,”kata Bu Sumi.

Begitulah. Sebagai anak yang berbakti, di saat-saat senggang, Kirana selalu menghubungi ibunya untuk menanyakan kabarnya dll.

Bulan Ramadan tiba. Setiap waktu sahur, Kirana selalu menyempatkan menelepon ibunya.
Suatu ketika Kirana mendengar ibunya terbatuk-batuk di telepon. Dia pun mulai khawatir.

“Ibu gak papa?” Tanya Kirana.
“Gak papa… Uhuk uhuk... Cuma batuk biasa…,” jawab Bu Sumi.
“Oh…. Eh iya Bu. Bentar lagi Kirana mudik ni. Ibu mau dibawain apa?”
“Gak usah…. Yang penting kamu sampai sini selamat aja….”
“Hehe….”
***

Seorang perempuan beransel membawa sebuah buket bunga mawar putih. Dia mengetuk sebuah rumah kayu sederhana milik Bu Sumi. Dia Kirana. Dia telah pulang dengan selamat bersama dengan seikat buket bunganya.

Ketukan pintu Kirana tak kunjung mendapat jawaban dari ibunya. Dia pun mencoba membuka pintu rumahnya. Ternyata pintunya tidak terkunci. Pintu pun terbuka. Kirana masuk ke dalam rumah. Keadaannya sepi.

Dari jauh Kirana memperhatikan ibunya yang sedang duduk di kursi malas. Dia panggil ibunya tetapi ibunya tetap tidak menyahut. Didorong oleh rasa penasarannya, dia pun perlahan mendekati ibunya yang sedari tadi duduk tenang. Dia perhatikan raut muka ibunya yang diam tenang, lalu dia mencoba membangunkan ibunya. 

Dua kelopak mata tua terbuka. Kirana lega. Ternyata ibunya hanya tertidur pulas. 

-The End-

Minggu, 23 Februari 2020

JOGJA DAN KEISTIMEWAANNYA




~Sugeng Rawuh~
 
 




Kata orang, Jogja itu Istimewa. Kenapa demikian?

Banyak hal yang menjadikan Jogja itu Istimewa. Coba deh tanyain ke teman-temanmu yang pernah tinggal di Jogja, apa istimewanya Jogja. Biasanya mereka akan sebut mulai dari banyak kenangan, pacar , makan murah, wisatanya bagus-bagus, dlsb. Tapi…………….. Tahukah kalian? Dari sisi sejarahnya, Jogja itu istimewa karena dulu sebelum bergabung dengan NKRI, Sang Sri Sultan Hamengku Buwono IX pernah melindungi pemerintah RI dari Belanda. Bahkan para pejabat RI diberikan rumah, kantor, hingga uang lho oleh Sultan. Tak cukup sampai di situ. Demi membela Gerilyawan RI, Sultan tak gentar hadapi Belanda meski meriam-meriam sudah disiapkan di luar Keraton. "Kamu (Belanda) hanya bisa memasuki rumahku dengan melangkahi mayat saya," kata Sultan. Selain itu, Sultan pun tak bisa disogok oleh Belanda agar mau bekerja sama. Atas jasa besar itulah Jogja dianugerahi keistimewaan (otonomi khusus) sehingga namanya menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta.




Status “istimewa” ini mencakup apa saja sih?
1.    Istimewa dalam hal Sejarah
(sudah dijelaskan di intro)

2.    Istimewa dalam hal Bentuk Pemerintahan
Jadi, bentuk pemerintahan D. I. Yogyakarta ini terdiri dari wilayah Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman yang menjadi daerah setingkat provinsi yang bersifat kerajaan dalam kesatuan NKRI.

3.    Istimewa dalam hal Kepala Pemerintahan
Jadi, di saat provinsi-provinsi lain sedang sibuk dengan pilkada, hanya satu provinsi yang “leyeh-leyeh” (bersantai-santai) tidak mengadakan pilkada, yaitu D. I. Yogyakarta. Itu terjadi karena sudah ditetapkan dalam Piagam Kedudukan 19 Agustus 1945 bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur abadi D. I. Yogyakarta adalah Sri Sultan Hamengku Buwono dan Sri Paduka Pakualaman. 



Sekarang kamu sudah tahu kan tentang keistimewaan Jogja. Jangan lupa, kapan-kapan main-main donk ke siniii.

Referensi:
http://www.bpkp.go.id/diy/konten/815/sejarah-keistimewaan-yogyakarta
https://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-sultan-yogya-tak-mempan-disuap-saham-perusahaan-asing.html 
 


PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...