Minggu, 23 Februari 2020

JOGJA DAN KEISTIMEWAANNYA




~Sugeng Rawuh~
 
 




Kata orang, Jogja itu Istimewa. Kenapa demikian?

Banyak hal yang menjadikan Jogja itu Istimewa. Coba deh tanyain ke teman-temanmu yang pernah tinggal di Jogja, apa istimewanya Jogja. Biasanya mereka akan sebut mulai dari banyak kenangan, pacar , makan murah, wisatanya bagus-bagus, dlsb. Tapi…………….. Tahukah kalian? Dari sisi sejarahnya, Jogja itu istimewa karena dulu sebelum bergabung dengan NKRI, Sang Sri Sultan Hamengku Buwono IX pernah melindungi pemerintah RI dari Belanda. Bahkan para pejabat RI diberikan rumah, kantor, hingga uang lho oleh Sultan. Tak cukup sampai di situ. Demi membela Gerilyawan RI, Sultan tak gentar hadapi Belanda meski meriam-meriam sudah disiapkan di luar Keraton. "Kamu (Belanda) hanya bisa memasuki rumahku dengan melangkahi mayat saya," kata Sultan. Selain itu, Sultan pun tak bisa disogok oleh Belanda agar mau bekerja sama. Atas jasa besar itulah Jogja dianugerahi keistimewaan (otonomi khusus) sehingga namanya menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta.




Status “istimewa” ini mencakup apa saja sih?
1.    Istimewa dalam hal Sejarah
(sudah dijelaskan di intro)

2.    Istimewa dalam hal Bentuk Pemerintahan
Jadi, bentuk pemerintahan D. I. Yogyakarta ini terdiri dari wilayah Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman yang menjadi daerah setingkat provinsi yang bersifat kerajaan dalam kesatuan NKRI.

3.    Istimewa dalam hal Kepala Pemerintahan
Jadi, di saat provinsi-provinsi lain sedang sibuk dengan pilkada, hanya satu provinsi yang “leyeh-leyeh” (bersantai-santai) tidak mengadakan pilkada, yaitu D. I. Yogyakarta. Itu terjadi karena sudah ditetapkan dalam Piagam Kedudukan 19 Agustus 1945 bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur abadi D. I. Yogyakarta adalah Sri Sultan Hamengku Buwono dan Sri Paduka Pakualaman. 



Sekarang kamu sudah tahu kan tentang keistimewaan Jogja. Jangan lupa, kapan-kapan main-main donk ke siniii.

Referensi:
http://www.bpkp.go.id/diy/konten/815/sejarah-keistimewaan-yogyakarta
https://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-sultan-yogya-tak-mempan-disuap-saham-perusahaan-asing.html 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...