Senin, 09 Maret 2020

ADA BERAPA SIH PERGURUAN TINGGI DI JOGJA?

Sbr:  CNN Indonesia

Kalau ditanya ada berapa banyak perguruan tinggi di Jogja (D. I. Yogyakarta), wah ada banyak nih. Namun, singkatnya, secara umum terdapat dua macam perguruan tinggi di Indonesia yaitu perguruan tinggi negeri dan swasta. Apa sajakah perguruan tinggi-perguruan tinggi tersebut?

No.
Universitas Negeri
Universitas Swasta
1
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
2
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Sanata Dharma (USD)
3
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)
Universitas Islam Indonesia (UII)
4
Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN Yogyakarta)
Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
5
Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN Yogyakarta)
Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
6
Institut Seni Indonesia (ISI Yogyakarta)
Universitas Atma Jaya (UAJY)
7
Politeknik ATK Yogyakarta
Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
8
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Universitas PGRI Yogyakarta (UPY)
9
Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (MMTC)
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)
10
Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN Yogyakarta)
Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

Sebenarnya, baik universitas, politeknik, maupun sekolah tinggi di Yogyakarta jumlahnya lebih dari yang saya sebutkan. Untuk linknya, nanti bisa dilihat di referensi saya paling bawah. Namun, yang akan saya bahas sedikit adalah satu dari universitas negeri yaitu UGM dan satu dari universitas swasta yaitu UMY.

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas tertua dan terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak tua? Universitas ini berdiri empat tahun setelah Indonesia merdeka, yaitu pada tanggal 19 Desember 1949. Lokasinya berada di daerah Bulaksumur, Kab Sleman, tidak jauh dari pusat kota atau titik nol kilometer di Malioboro. Lokasinya di web ada di www.ugm.ac.id .

Dalam QS (Quacquarelli Symonds) World Ranking University 2020, secara umum UGM menempati urutan ke-320 atau naik dari peringkat ke-391 pada tahun 2019. Di Indonesia sendiri, UGM merupakan universitas ke-2 terbaik setelah Universitas Indonesia (UI) dan ke-1 terbaik di Jogja. Meskipun peringkatnya berada di bawah UI, ternyata UGM berada di urutan teratas dari universitas-universitas di seluruh Indonesia pada enam bidang yaitu Seni dan Humaniora, Geografi, Bisnis dan Manajemen, Development Studies, Hukum, serta Sosiologi. Hmmm keenam bidang tersebut bisa kamu jadikan patokan nih buat mendaftar jurusan apa di UGM.

Sbr:  IDN Times

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terletak di Kec Kasihan, Kab Bantul. Lokasinya pas di depan Ring Road Selatan. Lokasinya di web ada di www.umy.ac.id . Universitas ini merupakan universitas swasta yang terakreditasi A. Universitas ini terkenal dengan prodi (program studi) Kedokteran Umum dan Kedokteran Giginya. Wah, bisa jadi patokan nih buat yang ngebet mau jadi dokter.

*)Sedikit pengetahuan tentang QS, jadi apa itu QS? QS merupakan pemeringkatan universitas di seluruh dunia yang menggunakan enam metrik sederhana mengenai kinerja universitas. Enam metrik tersebut adalah Reputasi Akademik (40%), Rasio Dosen/Mahasiswa (20%), Kutipan per Fakultas (20%), Reputasi Pengelola (10%), Rasio Fakultas Internasional (5%), dan Rasio Mahasiswa Internasional (5%).

Semoga pembahasan yang sedikit ini bisa sedikit membuka mata kita tentang yang namanya perguruan tinggi terutama di Jogja. Selamat berburu perguruan tinggi!


Referensi:
kagama.co  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...