Senin, 02 Maret 2020

Kenalan Sama Raja Jogja Yukkk

Sumber:  Kagama

Kalian tahu donk kalau Jogja itu merupakan sebuah daerah yang istimewa. Kalian pasti juga sudah tahu kalau Gubernur tetap D. I. Yogyakarta adalah Raja Jogja sendiri yang saat ini adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X. Beliau bukan sembarang raja. Beliau adalah panutan bagi warga Jogja mulai dari pucuk Gunung Merapi hingga dasar lautan Pantai Parangtritis. Sosoknya bijaksana dan teladan bagi semua.


Nama asli Sri Sultan HB X adalah Bendoro Raden Mas Herjuno Darpito. Setelah dewasa, beliau diberi gelar KGPH Mangkubumi. Setelah diangkat sebagai putra mahkota, beliau diberi gelar KGPAA Hamengku Negara Sudibyo Rajaputra Nalendra ing Mataram. Panjang ya gelarnya hehe….

Sri Sultan HB X adalah seorang lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada lho guys. Beliau juga pernah menjadi Ketua Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama). Yang membanggakan nih, beliau pernah dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Budaya oleh Universitas Negeri Yogyakarta lho. Menurutnya, Pendidikan Karakter Berbasis Budaya itu memberikan pembelajaran mengenai keberagaman yang bisa memperkuat integrasi dan toleransi. Hal tersebut diwujudkan dengan dibentuknya Perda tentang Pendidikan berbasis budaya di D.I. Yogyakarta. Budaya yang dijadikan patokan adalah budaya asli tanah Mataram (Jogja) yang dikembangkan sesuai zaman tanpa meninggalkan akar budaya.


Lalu, siapa sih wanita beruntung yang mendapatkan cinta Sri Sultan HB X? Beliau adalah Tatiek Dradjad Supriastuti yang bergelar GKR (Gusti Kanjeng Ratu) Hemas. Gusti Kanjeng Ratu Hemas ini biasanya mencalonkan diri sebagai anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) dan pasti terpilih sebagai anggota DPD! Gak heran sih guys, soalnya, keluarga Keraton itu orangnya memang dermawan dan merakyat. Warga Jogja sendiri sejak dahulu sampai sekarang itu sangat menghormati keluarga  Keraton Yogyakarta, sendhiko dhawuh lah (kira-kira artinya akan saya laksanakan sesuai perintah).

Menikah dengan GKR Hemas, Sri Sultan HB X dikaruniai lima orang putri, mereka adalah
1.     GRA Nurmalita Sari/ GKR Pembayun (menikah dengan KPH Wironegoro)
2.    GRA Nurmagupita/ GKR Condrokirono [menikah dan bercerai dengan (KRT) Suryokusumo]
3.    GRA Nurkamnari Dewi/ GKR Maduretno (menikah dengan KPH Purbodiningrat)
4.    GRA Nurabra Juwita/ GKR Hayu (menikah dengan KPH Notonegoro)
5.    GRA Nurastuti Wijareni/ GKR Bendoro (menikah dengan KPH Yudonegara)


Nah, sekarang sudah lumayan kenal dengan Raja Jogja kan? Semoga kita bisa meneladani beliau yah. Amin.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...