Sabtu, 21 Maret 2020

SENAM KESEGARAN JASMANI DI JOGJA KAYAK APA?

Sbr:  Sehatq

Gak hanya Jogja sih yang menyelenggarakan senam, tapi hampir seluruh wilayah di Indonesia pasti ada yang namanya SKJ (Senam Kesegaran Jasmani), apalagi dalam dua kali era pemerintahan Presiden Jokowi ini, masyarakat dihimbau agar menyempatkan waktunya untuk senam atau jenis olahraga lainnya untuk kesehatan. Nah, kalau pelaksanaan SKJ di Jogja sendiri seperti apa sih? Berikut tabel yang menggambarkan senam yang digagas Sanggar Senam dan Warga Sekitar.


NO.
KETERANGAN
SANGGAR SENAM
WARGA SEKITAR
1
Waktu
Setiap hari (pagi/ sore)
2x seminggu (sore)
2
Tempat
Indoor
Outdoor
3
Biaya
Rp12k
Rp5k
4
Jenis Senam
Aerobics, Zumba, Body Language, Yoga, dll (dipilih salah satu)
Aerobics (kadang dicampur dengan Body Language)
5
Kelebihan & Kekurangan
-          Kalau peserta membludak bisa berdesakan
-          Gampang berkeringat basah karena di ruangan tertutup
-          Biasanya tidak berdesakan karena lokasi dipilih yang luas
-          Berkeringat tapi tidak sebasah dibandingkan dengan di Indoor karena di Outdoor banyak anginnya

Selain yang saya sebutkan di atas, masih ada lagi lho senam pagi hari yang biasa diadakan saat hari Minggu.  Kalau yang ini biasanya gratis, tetapi ada juga yang bayar. Lokasi senamnya outdoor. Kalau di Jogja, kalian bisa menemukannya di JEC (Jogja Expo Center), Titik 0 Kilometer Malioboro, depan Pasar Gabusan, depan Mirota Kampus, dan di kampung-kampung atau desa yang menyelenggarakan. Di situ, gak tua gak muda, laki-laki perempuan, semua bisa ikut senam!

Senam yang biasa saya ikuti adalah aerobik (kadang-kadang dicampur dengan Body Language). Seperti senam-senam yang lain, senam ini berjalan menyesuaikan irama musik. Selain itu, senam ini dibagi menjadi tiga tahap:
1.      Pemanasan
Pemanasan merupakan gerakan awal untuk memulai senam agar otot-otot tidak terkejut alias siap melakukan gerakan inti.
2.      Gerakan Inti
Gerakan ini biasanya lumayan cepat. Di gerakan inti ini ni ketauan siapa yang suka fokus, siapa yang suka gak fokus. Sebab, dalam gerakan ini, kita dituntut untuk selalu fokus melakukan gerakan kaki dan tangan sekaligus. Kadang kala kita juga dites instruktur untuk bergerak sendiri pada gerakan-gerakan inti tertentu. Kadang kita bisa, kadang kita amburadul kacau balau.
3.      Pendinginan
Pendinginan merupakan gerakan untuk mengakhiri senam. Gerakan dilakukan secara lambat agar otot kembali rileks.

Sbr:  Goldsgym

Menurut Dr. Kenneth Cooper, senam aerobik adalah kegiatan menggerakkan bagian-bagian tubuh untuk memaksa tubuh memperbaiki sistemnya. Setiap gerakan senam ini bertujuan untuk meningkatkan oksigen yang akan masuk ke tubuh. Senam ini berasal dari Amerika Serikat sekitar tahun 1970-an dan baru masuk Indonesia pada tahun 1980-an. Di Indonesia, awalnya senam ini merupakan kegiatan kebugaran dan rekreasi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, senam ini akhirnya muncul dalam event-event (masih dengan nama fitaaerobik). Nama fitaaerobik mulai diganti dengan nama aerobik pada tahun 1990-an. Senam ini pun terus berkembang hingga sekarang.

Untuk saya yang berkantong pas-pasan, saya lebih memilih senam outdoor yang diadakan warga sekitar. Selain hemat di kantong, tempatnya juga luas dan asyik karena ada angin semilirnya. Tak hanya itu. Kadang, instruktur-instrukturnya ada yang lucu-lucu dalam memandu senam sehingga kami bisa tertawa terbahak-bahak. Selain itu, instruktur dan peserta senam juga bisa berfoto bersama. Interaksi-interaksi itulah yang membuat kami senang dan makin semangat senam.

Lalu, apa yang terjadi setelah senam? Kalau saya sih selain perasaan bahagia, saya juga merasa fit, segar jasmani dan otak sehingga konsentrasi bertambah. E iya keringetan juga pastinya hehe.


Tiap orang pasti punya preferensi mau pilih senam yang mana. Kalau kamu gimana? Lebih suka indoor atau outdoor?



Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...