Minggu, 21 Juni 2020

NAMA BUMBU DI MASTER CHEF YANG TERDENGAR ANEH BAGI PEMULA, ada yang pakai filosofi segala!

Bumbu

Master Chef memang sudah agak lama berlalu dan pasti selalu dinantikan tayangannya bagi para penggemar. Bagi para penggemar Master Chef yang belum pernah masak atau pemasak pemula, mungkin akan asing dengan istilah-istilah Bumbu Merah, Kuning, Genep, dll yang biasa disebut para juri maupun peserta. Sebenarnya itu bumbu apaan ya? Yuk kita intip sedikit penjelasan berikut!


1.      Bumbu Dasar Merah
Bumbu Merah
haibunda.com

Bumbu Dasar Merah adalah bumbu dasar masakan Indonesia yang berwarna merah yang terdiri dari cabai merah (100%), bawang merah (50%), bawang putih (25%), dan garam. Masakan yang bisa dibuat dengan bumbu dasar merah ini antara lain ayam bumbu rujak, terong balado, tahu bumbu bali, sambal goreng, gulai, nasi goreng jawa, rendang, dan kalio.

2.      Bumbu Dasar Kuning
Ikan Bumbu Kuning
fimela.com

Bumbu Dasar Kuning adalah bumbu dasar masakan Indonesia yang berwarna kuning yang terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, dan garam. Masakan yang bisa dibuat dengan bumbu dasar kuning ini antara lain soto, kare, pesmol, nasi kuning, ikan bumbu kuning, acar kuning, dan opor kuning.  

3.      Bumbu Dasar Putih
Bumbu Putih
cookpad.com

Bumbu Dasar Putih adalah bumbu dasar masakan Indonesia yang berwarna putih yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan garam. Masakan yang bisa dibuat dengan bumbu dasar putih ini antara lain rawon, gudeg, sayur bobor, opor, tempe bacem, dan terik daging.

4.      Bumbu Dasar Oranye
Bumbu Oranye
haibunda.com

Bumbu Dasar Oranye adalah bumbu dasar masakan Indonesia yang berwarna oranye yang terdiri dari rempah-rempah yang lebih beragam, yaitu cabai merah, jinten, adas manis (bila suka), ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, merica, garam, gula, dan minyak untuk memblender. Cabai merah dan kunyit membuat warna bumbu ini menjadi oranye. Masakan yang bisa dibuat dengan bumbu dasar oranye ini antara lain kari, gulai, dan rendang.

5.      Bumbu Dasar Genep
Bumbu Genep
idntimes.com 

Bumbu Dasar Genep merupakan bumbu keluhuran budaya Bali. Bumbu ini telah ada sejak 2 ribu tahun yang lalu terbukti dengan adanya catatan pada kitab lontar peninggalan kerajaan Bali zaman dahulu. Selain itu, ada pula sumber lain yang menyatakan bahwa bumbu ini sudah ada sejak abad IX Masehi. Bumbu ini merupakan hasil akulturasi antara masyarakat Bali dengan para pedagang India.

Bumbu Dasar Genep tidak hanya merupakan kunci kelezatan masakan Bali tetapi juga bernilai filosofi, yakni sebagai berikut:

Dari 15 jenis bumbu dasar genep ini, ada 4 bumbu (cekuh atau kencur, jahe, isen atau lengkuas, dan kunyit) yang menjadi unsur utama. Keempat unsur tersebut memiliki 3 unsur tambahan (2 unsur laut:  garam dan terasi dan 1 unsur pengunci).

Dalam budaya Bali,
  • o   Lengkuas mewakili arah selatan (Dewa Brahma),
  • o   Kunyit mewakili arah barat (Mahadewa),
  • o   Jahe mewakili arah utara (Dewa Wisnu), dan
  • o   Kencur mewakili arah timur (Dewa Iswara).  

Bumbu-bumbu yang belum disebutkan antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, serai, gula, cabai, ketumbar, dan daun salam. Dengan bumbu dasar genep ini, bisa dibuat masakan Bali seperti lawar, sate lilit, ayam atau bebek betutu, dll.




Terima kasih kepada:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...