Sabtu, 20 Juni 2020

PISANG: FILOSOFI, KISAH MISTIS, DLL DI KAB BANTUL, D. I. YOGYAKARTA

Kebun Pisang

Kita sering menjumpai tanaman pisang di Indonesia baik di kebun maupun di pinggir sungai. Ternyata, tanaman pisang memiliki filosofi yang bagus dan dijadikan sebagai tanaman hortikultura yang ikonik di kabupaten Bantul Jogja lho temen-temen. Yuk simak 5 hal yang perlu kamu ketahui soal pisang!

1.     Filosofi Hidup Tanaman Pisang


Seketika ditanam, pisang tidak terkungkung oleh musim. Di Indonesia, pisang bisa tumbuh sepanjang musim baik musim hujan maupun kemarau. Pisang pun bisa hidup di mana-mana baik lahan kering maupun lahan basah. Selain itu, selama belum berbuah, dipotong pohonnya pun pisang masih bisa tumbuh daunnya hingga berbuah. Menurut Partomo, Kepala Bidang Pertanaman Dinas Pertanian Kota Jogja 2018, hal tersebut 
mencerminkan perjuangan hidup. “Daya juang hidup pisang luar biasa, patut kita teladani.”
Selain itu, tanaman pisang ini menggambarkan kehidupan seperti manusia, yakni 9 bulan (sebelum berbuah) keluar tunas anakannya terlebih dahulu agar “generasi” pisang tidak putus karena setelah berbuah, pisang akan mati.

2.      Olahan Pisang


Buah pisang merupakan makanan manusia dari bayi hingga jompo karena lunak, mudah dicerna, dan licin sehingga tidak merusak lambung. Buah pisang dapat dinikmati langsung maupun diolah menjadi keripik, bakpia, sari buah, tepung pisang, dll. Nah, untuk membuat tepung pisang, Partomo mengungkapkan cara membuat tepung pisang secara sederhana. Berikut adalah caranya
a.      Pisang direbus, diangkat, lalu ditunggu hingga kering. Kemudian, pisang diiris-iris, lalu dikeringkan lagi. Terakhir, pisang digiling menjadi tepung.
b.      Pisang mentah dipotong-potong, dikeringkan, lalu digiling menjadi tepung.

3.      Manfaat Pisang


Tanaman pisang memiliki banyak manfaat. Daunnya bisa dimanfaatkan untuk pewarna makanan, bungkus makanan, bahkan dipakai untuk menghangatkan nasi secara tradisional. Daun pisang yang dipakai untuk menghangatkan nasi tersebut akan membuat kesegaran nasi pulih kembali.
Tidak hanya itu, selain daun, getah tanaman pisang dapat dipakai sebagai obat luka. Kemudian, air batang pisang bisa digunakan sebagai penyubur rambut. Lebih lanjut, debog (tangkai semu daun pisang) dapat dipakai sebagai bungkus gerabah, kerajinan tas, dan bungkus daun tembakau yang sudah dijemur. Di sisi lain, ternyata buah pisang sangat baik untuk mengatasi sakit maag. Partomo menyarankan agar buah pisang dimakan sebelum makan nasi 1 atau 2 biji. “Ketika dicerna di lambung, senyawa pisang yang licin dan lembut akan melapisi lambung sehingga lambung lebih siap untuk menerima makanan asam maupun pedas. Apabila hal tersebut  dibiasakan dalam posisi lambung tetap sehat, lama-lama maag akan sembuh.”

4.      Hilangkan “Pegangan” atau Jimat

Tanaman pisang memiliki ratusan varietas. Selain itu, tanaman pisang memiliki keunikan, yaitu dimanfaatkan untuk acara adat dan kepercayaan masyarakat Jawa.
Di Bantul terdapat tanaman pisang raja pulut yang baunya harum. Pisang raja pulut ini dipakai untuk acara selamatan. Selain itu, terdapat pisang emas bunga. Menurut kepercayaan Jawa, pisang emas bunga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan “pegangan” atau jimat sehingga sakaratul mautnya dimudahkan (orang yang memiliki “pegangan” mengalami sakaratul maut yang susah). Pisang emas bunga yang digunakan pun dipilih yang setiap sisir berjumlah ganjil. Ada lagi, yaitu pisang kluthuk wulung. Menurut kepercayaan Jawa, pisang ini dapat dijadikan sebagai penangkal maupun penetral ilmu hitam.

5.     Pengembangbiakan Tanaman Pisang
Kultur Jaringan Pisang

Tanaman pisang dikembangkan dengan 2 cara, yaitu dengan ditanam langsung ataupun dikulturjaringankan. Apabila ditanam langsung, hanya akan tumbuh 1 tanaman saja lalu beranak pinak dan sangat bisa dihitung dengan jari. Namun, ketika dikulturjaringankan, 1 tanaman bisa dikembangkan menjadi ribuan tanaman. Perlu diketahui bahwa proses pada kultur jaringan haruslah steril karena bakteri bisa mengganggu pertumbuhan bibit yang masih sangat kecil. Selain itu, keuntungan apabila dikulturjaringankan adalah bibit lebih bagus dan bebas hama penyakit.





Terima kasih kepada:
Diri sendiri
Dinas Pertanian Kota Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...