Jumat, 31 Juli 2020

PERAYAAN IDUL ADHA DAN TIPS TENTANG MENYATE

Hewan Kurban

Alhamdulillah, Idul Adha telah tiba! Ritual setiap Idul Adha alias Idul Kurban ini diawali dengan mandi pagi untuk kemudian sholat Id bersama baik di masjid, mushola, halaman rumah, maupun di jalan. Keempat titik tersebut dipilih karena untuk menghindari penularan covid-19 (sholat Id tidak diadakan di lapangan luas seperti tahun-tahun sebelumnya). Segera setelah sholat, karena ini hari Jumat, hewan-hewan kurban langsung disembelih satu per satu. Untuk kambing, pengurbanannya diatasnamakan perorangan, untuk sapi, diatasnamakan kelompok (secara harga sapi mahal banget yaa, kecuali bagi yang betul-betul berduit).

Senin, 27 Juli 2020

PERSIAPAN MENUJU IDUL ADHA DAN ASAL-USUL SUNAH BERKURBAN

Idul kurban atau Idul Adha sebentar lagi datang. Jutaan sapi dan kambing akan disembelih sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah yang Maha Besar. Sebenarnya, ini juga merupakan jalan pintas untuk dicintai Allah lho.... Sayangnya aku belum bisa berkurban. Sedih. Semoga tahun depan bisa berkurban, kalau bisa sapi dah.

Minggu, 26 Juli 2020

ANGKRINGAN PUNCAK MBIBIS, Tempat Ngetemnya Goweser

Angkringan Puncak Mbibis

Angkringan yang satu ini beda sama yang lain. Mirip-mirip Spot Riyadi lah. Jadi angkringan ini menawarkan pemandangan eksotik di atas bukit berupa hijau-hijauan pepohonan dan persawahan dengan sedikit bangunan. Selain itu, terdapat pula jajanan yang bermacam-macam seperti camilan dan jajan pasar. Ada juga penawaran makan besarnya lho. Di tempat ini sudah terhidang prasmanan sayur-mayur dan aneka lauk. Yang terkenal ya sate keong. Sate yang langka ditemukan di perkotaan bahkan perkampungan.

Sabtu, 25 Juli 2020

3 PEMANFAATAN LAHAN UNTUK KEPERLUAN INTERAKSI SOSIAL

Taman
https://www.pexels.com/photo/trees-in-park-257360/

Interaksi sosial biasa kita lakukan di komunitas-komunitas dengan hobi yang sama, lingkungan kerja, atau dalam rangka memperoleh ilmu. Lalu, bagaimana dengan interaksi sosial di kampung? Di kampung, kita berinteraksi dengan bertandang ke rumah tetangga atau karena ada aktivitas semisal pengajian, kerja bakti, senam, dll.

Lahan itu penting untuk berinteraksi sosial. Lalu, lahan yang seperti apakah yang cocok untuk berinteraksi sosial?

Jumat, 24 Juli 2020

SERBA-SERBI RUKUN TETANGGA, Rukun Agawe Santoso, Crah Agawe Bubrah

Ketua RT

Kita tahu bahwa RT adalah singkatan dari Rukun Tetangga. Rukun Tetangga (Tonarigumi) adalah warisan dari zaman pendudukan Jepang. Pembentukan RT ini digagas untuk tujuan merapatkan barisan penduduk Indonesia sekaligus berfungsi melakukan pengendalian dan pengawasan pemerintah militer Jepang terhadap penduduk di suatu wilayah. Seiring dengan kemerdekaan Indonesia, RT pun berubah peran.

Rabu, 22 Juli 2020

VINUSHA MK, KETIKA PASSION MENUNTUNNYA MENJADI WIRAUSAHAWAN CILIK TERKEMUKA INDIA

Vinusha MK

Usianya memang baru 10 tahun. Namun, gadis kecil ini sudah menjadi seorang wirausahawan terkemuka di India! Dia adalah Vinusha MK. Passion-nya di bidang baking membawanya menjadi seorang wirausahawan. Di usianya yang baru 10 tahun, dia sudah mendirikan usaha di bidang pastry dengan nama “Four Seasons Pastry” pada 15 September 2019. Tak sampai di situ. Dia pun telah mendaftarkan usahanya dengan nama perusahaan “Vinusha Four Seasons Pastry Pvt Ltd”.

Jumat, 17 Juli 2020

CARA MAKAN MIE INSTAN AGAR TERHINDAR DARI RASA BERSALAH

https://www.pexels.com/photo/cooked-seafoods-699953/

Terkadang, kita merasa bersalah karena telah makan makanan yang kurang baik seperti mie instan. Nah, untuk mengurangi rasa bersalah itu, boleh lho sahabat coba trik berikut:

Kamis, 16 Juli 2020

MEREBUS TELUR DENGAN DAUN JAMBU BIJI?

Telur
https://www.pexels.com/photo/bunch-of-multicolored-eggs-on-wooden-table-4207652/

Merebus telur ternyata ada trik-triknya juga. Trik supaya kulit mudah dikupas dan trik supaya warna cangkang telur menjadi cokelat tua bagus seperti pada nasi ater-ater (nasi, lauk, dll dalam besek yang dibagikan kepada warga sekitar karena sedang ada hajatan). Triknya sebagai berikut:

Selasa, 14 Juli 2020

PERANG LAWAN CORONA Versiku, Sebuah Cerita yang Akan Diwariskan

Covid-19
vivanews.com

Corona merupakan sebuah kejadian luar biasa di mana sebuah virus berhasil menginvasi hampir seluruh dunia. Perang melawan corona pun bisa ditemukan di mana-mana. Indonesia sendiri lebih memilih berdamai dengan corona dengan kaidah “New Normal” di mana penduduk sudah dibebaskan untuk beraktivitas di luar rumah namun dengan tetap Jaga Jarak, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Memastikan Sirkulasi Udara dalam ruangan lancar. Aku pribadi memilih untuk fifty-fifty. Berikut yang aku lakukan dalam #peranglawancorona #covid19.

Senin, 13 Juli 2020

6 MACAM BUNGA KERING UNTUK RANGKAIAN BUNGA

Dried Flower Dome
classbento.com.au

Bunga segar sering kita pakai untuk dekorasi dan buket. Tentu indah bukan? Sayangnya, kesegarannya hanya tahan beberapa hari sampai kemudian kering. Ternyata, kalau bunga sudah kering, ada lho yang bisa dimanfaatkan untuk dekorasi dan buket yang lumayan bagus. Bunga keringnya bisa ditata dengan sesama bunga kering atau dicampur dengan bunga segar. Lalu, apa saja jenis bunga-bunga kering tersebut?

Sabtu, 11 Juli 2020

KEHIDUPAN MENURUT FILOSOFI TAKIR, salut dengan budaya Jawa

Takir Untuk Wadah Bubur
njajan.com

Ada bermacam-macam wadah yang bisa dibuat dengan daun pisang. Tiga di antaranya adalah takir, sudi, dan pincuk. Takir biasanya dibuat sebagai tempat nasi dalam nasi ater-ater (nasi dengan lauk dll yang dibagikan kepada warga karena ada hajatan). Takir ini ukurannya cukup besar untuk menampung nasi dan berbentuk balok tanpa tutup. Sudi, biasanya dipakai untuk tempat mie, capcay gandum, dan sambal kerni pada nasi ater-ater. Sudi ini ukurannya kecil, berbentuk lingkaran, dan mengerucut di tengahnya. Pincuk dibuat dengan melipat salah satu bagian daun pisang lalu dikunci dengan tusukan lidi. Pincuk biasanya dipakai untuk wadah bubur areh atau sate lonthong. Dalam memakan bubur areh, biasanya sendoknya dari daun pisang yang agak dilipat, dinamakan suru.

Jumat, 10 Juli 2020

MENGENAL BUMBU PAWON

Ilustrasi Bumbu Pawon
br.toluna.com


 Di dekat kamu ada warung sayuran? Kalau ada, biasanya di situ ada yang jualan “bumbu pawon” (bumbu dapur). Kamu sudah tahu belum bumbu pawon yang biasanya diplastikin jadi 1 itu isinya apa aja? Kalau belum tahu, sini aku kasih tahu. Bumbu pawon itu biasanya terdiri dari rimpang-rimpangan, dedaunan, dan rempah-rempah. Apa saja itu? Berikut sekilas ulasannya!

Kamis, 09 Juli 2020

MENIKMATI TEH DI 4 NEGARA

Teh Panas
https://www.pexels.com/photo/teacup-with-tea-905485/ 

Teh dan teh. Hampir semua orang di dunia ini sehari-harinya tak bisa lepas dari teh. Dalam menikmatinya, teh bisa diminum tanpa atau dengan makanan tertentu. Bahkan, di negara tertentu ada upacara minum tehnya juga lho. Berikut sekilas tentang menikmati teh dari 4 negara.

Rabu, 08 Juli 2020

5 PEMANFAATAN DAUN PISANG, ada yang bikin kita nostalgia!

Daun Pisang
tokopedia.com

Daun pisang memiliki banyak kegunaan di kehidupan kita. Apa saja itu?

1.      Pembungkus Makanan
Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa daun pisang banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan seperti lontong, lupis, pepes, dll. Pada dasarnya, semua jenis daun pisang bisa digunakan untuk pembungkus makanan, cuma yang paling bagus adalah daun pisang kluthuk. Hal ini karena daun pisang

Selasa, 07 Juli 2020

CARA BIKIN TERONG BALADO SEDERHANA

Terong Balado
abayaminexite.my.id

Bagi penyuka terong, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya masakan “Terong Balado”. Masakan yang memiliki sensasi pedas ini mau aku abadiin nih resep masakannya. Ini dia Resep Masakan Terong Balado sederhana ala aku sebagai pemasak pemula dengan bumbu yang professional.

Minggu, 05 Juli 2020

6 CAMPURAN TELUR DADAR ENAK!

Telur Dadar

Kamu suka telur dadar gak? Kalau suka, pastinya bosen kan kalau telurnya cuma sekadar didadar terus tanpa variasi? Nah, di sini aku mau kasih tau campuran apa saja yang bisa kamu aplikasikan untuk telur dadarmu mulai dari sayuran sampai bumbu (daging enggak hehe) yang dijamin enak versi lidah saya.

Sabtu, 04 Juli 2020

5 MACAM SARAPAN YANG ADA DI INDONESIA (JOGJA)

suara.com

Sarapan di tiap-tiap negara pasti beda. Ada yang ringan, ada yang berat. Nah, kalau di Indonesia sendiri sih menurut kacamata aku cenderung berat karena kebanyakan kita mengonsumsi karbohidrat sebagai sarapan dalam jumlah besar.

Yogyakarta (Jogja) merupakan salah satu tempat wisata favorit dalam negeri. Sudah banyak orang berwisata ke kota pendidikan dan wisata ini. Coba tanya deh ke orang-orang yang pernah ke Jogja mulai dari anak kost sampai wisatawan, mereka pada sarapan apa di sini. Kalau mereka enggak mau jawab ni hehe, berikut aku rangkumkan 5 macam sarapan yang bisa kamu temui di Jogja.

Kamis, 02 Juli 2020

ANEKA KREASI DESSERT TAPE KETAN

Dessert

Tape Ketan merupakan makanan tradisional dari daerah pasundan Jawa Barat. Tape Ketan sendiri sangat terkenal di daerah Kuningan, Jawa Barat.

APA ITU TAPE KETAN?
Tape Ketan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dengan rasa manis ataupun asam manis hasil fermentasi menggunakan ragi selama kurun waktu tertentu. Selama fermentasi, akan dihasilkan pula alhokol namun dengan kadar yang sedikit. Tenang, tape ketan ini halal kok, tidak memabukkan.

Di zaman sekarang ini di mana tercipta berbagai inovasi pangan. Tape ketan pun diolah sedemikian rupa sehingga tercipta berbagai kreasi modern. Olahan-olahan tape ketan itu di antaranya adalah

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...