Sabtu, 25 Juli 2020

3 PEMANFAATAN LAHAN UNTUK KEPERLUAN INTERAKSI SOSIAL

Taman
https://www.pexels.com/photo/trees-in-park-257360/

Interaksi sosial biasa kita lakukan di komunitas-komunitas dengan hobi yang sama, lingkungan kerja, atau dalam rangka memperoleh ilmu. Lalu, bagaimana dengan interaksi sosial di kampung? Di kampung, kita berinteraksi dengan bertandang ke rumah tetangga atau karena ada aktivitas semisal pengajian, kerja bakti, senam, dll.

Lahan itu penting untuk berinteraksi sosial. Lalu, lahan yang seperti apakah yang cocok untuk berinteraksi sosial?


1.      Gethek
Gethek

Gethek adalah tempat duduk yang tersusun dari bambu. Lahan yang ada gethek-nya cocok untuk berinteraksi. Biasanya gethek ditempatkan di halaman depan. Di gethek ini biasanya berkumpul tetangga yang ingin merasakan sepoi-sepoinya angin sambil berbincang dengan tetangga lain. Tak hanya itu. Tetangga yang mempunyai anak pun bisa menyuapi anaknya di sini. Meskipun gethek merupakan milik seseorang, biasanya tetangga pun bebas untuk mendudukinya, sudah seperti milik bersama.

2.      Pos Ronda
Pos ronda memang diperuntukkan sebagai pos keamanan lingkungan. Namun demikian, pos ronda bisa juga untuk hiburan warga. Warga bisa kongkow-kongkow asyik kapanpun di pos ronda ini.

3.      Taman atau RTH (Ruang Terbuka Hijau)
RTH

Ruang Terbuka Hijau ini kenampakannya seperti taman di suatu wilayah. Kalau di kampungku, RTH-nya ada lapangan bulutangkisnya. Memang, selain ditanami tanaman, RTH ini juga dibuat agar fungsi sosialnya dapat tercipta. Maka dari itu, sengaja dibuatlah lapangan bulutangkis sesuai hobi warganya, ayunan, gazebo, dll untuk menunjang fungsi sosial.


Pada masa pandemi corona ini, tentu kita ingin keluar-keluar berwisata. Namun, apabila kita takut berwisata karena ternyata banyak OTG (Orang Tanpa Gejala) corona di luar sana, kita bisa lho keluar di 3 tempat tersebut kecuali yang di wilayahnya ada pasien positif corona.





Terima kasih:
Mbokdhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...