Sabtu, 04 Juli 2020

5 MACAM SARAPAN YANG ADA DI INDONESIA (JOGJA)

suara.com

Sarapan di tiap-tiap negara pasti beda. Ada yang ringan, ada yang berat. Nah, kalau di Indonesia sendiri sih menurut kacamata aku cenderung berat karena kebanyakan kita mengonsumsi karbohidrat sebagai sarapan dalam jumlah besar.

Yogyakarta (Jogja) merupakan salah satu tempat wisata favorit dalam negeri. Sudah banyak orang berwisata ke kota pendidikan dan wisata ini. Coba tanya deh ke orang-orang yang pernah ke Jogja mulai dari anak kost sampai wisatawan, mereka pada sarapan apa di sini. Kalau mereka enggak mau jawab ni hehe, berikut aku rangkumkan 5 macam sarapan yang bisa kamu temui di Jogja.


1.     Soto
Soto
doyanresep.com

Wah, di Jogja buanyak sekali bertebaran yang namanya penjual Soto! Soto di Jogja adalah masakan berkuah bening dengan paduan berbagai rempah seperti  bawang putih, jinten, daun jeruk, serai, dll serta irisan sayur mentah seperti kubis, tomat, seledri, dan tauge serta suwiran daging (bisa ayam bisa sapi). Kuah soto ini biasa disajikan panas-panas supaya sayuran mentah bisa matang sendiri ketika disiram dan tak lupa sebagai penutup kita perasi sendiri irisan jeruk nipis serta sambal bagi yang suka pedas.

Soto bisa kalian temukan kira-kira mulai dari jam 06.00 WIB di manapun di Jogja ini karena jualannya ada yang keliling dan ada yang diam di tempat. Harganya pun ada yang masih terjangkau yaitu Rp6.000 dan sudah lengkap bin enak.

2.     Bubur
Bubur Areh
jogja.tribunnews.com

Penjual Bubur di Jogja mudah dijumpai lho. Biasanya mereka ada di kampung-kampung, pinggir jalan, atau di pasar. Yang jualan biasanya ibu-ibu alias simbah-simbah yang usianya sudah tua kira-kira di atas 60 tahun. Eits, tapi ada juga yang masih emak-emak usia 40-an lho.

Bubur yang dijual di Jogja biasanya bubur nasi ala embah-embah dengan kuah areh (santan berkunir ples rempah) ditambah lauk bisa berupa ayam kampong, telur ayam atau bebek, dan tempe mendoan (tempe berbalut tepung) atau tempe baceman (manis gula jawa). Kalau sekarang ada juga bubur ayam jakarta yang merambah sampai Jogja. Rasanya juga sama enaknya, tinggal selera aja mau yang mana.

Kalau kamu mau cicip bubur Jogja ini, bisa kok hunting di penjuru Jogja kira-kira jam 05.30 WIB sudah buka.

3.     Nasi Gudeg
Nasi Gudeg
id.wikipedia.org

Nah ini ni, Nasi Gudeg. Jogja daerah Wijilan emang terkenal dengan nasi gudegnya yang manis banget. Tetapi, nasi gudeg gak cuma bisa ditemui di daerah Wijilan sana. Sekarang mah nasi gudeg tersebar di penjuru kota Jogja. Cuma, nasi gudeg yang saya maksud di sini ya nasi gudeg yang biasa buka pagi-pagi sekali itu, yang sekalian jualan bubur Jogja. Nasi gudeg yang disajikan yaitu berupa nasi, gudeg nangka, lauk, dan kuah areh.

4.     Mie Instan
Mie Instan
medium.com

Ya ampunnn. Ini sih hampir semua orang Indonesia ngalamin kali yaa hehe… Sarapan pagi pakai mie instan! Sebenernya gak bagus sih, tapi kadang suka bikin gitu. Biar ada gizinya dikit, biasanya ditambahin sayuran seperti sawi hijau dan telur yang diceplok saat ngerebus mie nya. Gak cuma anak kost, anak rumah juga kadang gitu sih.

5.     Nasi Kucing
Nasi Kucing
kompasiana.com

Lhaa ini dia. Nasi kucing. Nasi yang adanya dijual di gerobak angkring ini dulunya diperkenalkan oleh orang-orang dari Klaten (hasil survey informal dosen aku). Nasi kucing ini lumayan ngebantu lho buat kita sarapan. Isinya ada nasi buat porsi kucing (baca:  nasinya sedikit karena kucing kan biasanya kalau makan sedikit-sedikit) dan bisa milih mau yang isinya sambel teri atau oseng tempe. Harga sebelum pandemi korona sih Rp2.000.


Terima kasih kepada:
Diri-sendiri yeahhh, terima kasih sudah mau berjuang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...