Rabu, 08 Juli 2020

5 PEMANFAATAN DAUN PISANG, ada yang bikin kita nostalgia!

Daun Pisang
tokopedia.com

Daun pisang memiliki banyak kegunaan di kehidupan kita. Apa saja itu?

1.      Pembungkus Makanan
Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa daun pisang banyak dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan seperti lontong, lupis, pepes, dll. Pada dasarnya, semua jenis daun pisang bisa digunakan untuk pembungkus makanan, cuma yang paling bagus adalah daun pisang kluthuk. Hal ini karena daun pisang
kluthuk memberikan rasa terenak pada makanan. Begitulah pengalaman bapakku.
 
Lontong
travel.kompas.com
Ada lagi pengalaman keluarga kami ketika membuat lontong. Lontong yang dibungkus dengan daun pisang emas ketika dibuka, warna lontongnya tetap putih. Lain halnya dengan lontong yang dibungkus dengan daun pisang kapok, warna lontong bagian luarnya hijau.
     
2.      Pengganti Plastik atau Kertas Minyak
Takir
njajan.com

Kalau zaman dulu, tahun `90-an masih digunakan daun pisang untuk wadah makanan. Daun pisang tersebut dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan wadah makanan yaitu takir (ukuran besar) dan sudi (ukuran kecil) untuk keperluan ater-ater (pemberian nasi, lauk, sayur, kerupuk, kepada tetangga atau sanak saudara karena sedang mengadakan hajatan). Selain takir dan sudi, biasanya kalau membeli bubur areh, pembungkusannya masih ada yang memakai daun pisang. Risikonya sih bocor kalau daunnya belum layu benar, tetapi tidak apa-apa. Hitung-hitung mengurangi plastik atau kertas minyak yang tidak ramah lingkungan.

3.      Alas Wadah
Makan beralaskan daun pisang
ayobandung.com

Untuk keperluan ater-ater, biasanya kan memakai wadah anyaman bamboo (besek), nah di atas besek kita lapisi dengan daun pisang. Tak cuma itu, daun pisang dahulu juga digunakan sebagai alas wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu sehingga nasi pun beraroma daun pisang yang tentu saja enak. Selain itu, kita bisa gelar daun pisang di tikar sebagai alas nasi dll untuk kita makan rame-rame.

4.      Payung
Anak SD memakai payung daun pisang
risnawatiririn.wordpress.com

Ini zaman kecil banget. Nostalgia banget. Pernah ngalamin di era `90-an. Daun pisang kala itu digunakan sebagai payung ketika hujan. Kalau aku pribadi sih hal ini berawal dari iklan di televisi di mana anak-anak sekolah dasar pulang sekolah menggunakan daun pisang sebagai payung. Dahulu sih masih banyak ditemukan pohon pisang sehingga aku, kakakku, dan teman-teman masih bisa asal ambil daun pisang untuk dijadikan payung (jangan ditiru ya hehe). Beruntung ya pernah menikmati zaman-zaman seperti ini.

5.      Penutup Jenazah
Daun pisang berpupus
faktualnews.com


Ini sih rada serem. Pupus daun pisang ternyata digunakan untuk menutupi kemaluan jenazah sewaktu dimandikan.




Terima kasih kepada:
Semua pihak yang telah membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...