Senin, 13 Juli 2020

6 MACAM BUNGA KERING UNTUK RANGKAIAN BUNGA

Dried Flower Dome
classbento.com.au

Bunga segar sering kita pakai untuk dekorasi dan buket. Tentu indah bukan? Sayangnya, kesegarannya hanya tahan beberapa hari sampai kemudian kering. Ternyata, kalau bunga sudah kering, ada lho yang bisa dimanfaatkan untuk dekorasi dan buket yang lumayan bagus. Bunga keringnya bisa ditata dengan sesama bunga kering atau dicampur dengan bunga segar. Lalu, apa saja jenis bunga-bunga kering tersebut?


1.      Bunga Ilalang
Bunga Pampas

Bunga dari rumput pampas ini termasuk gulma invasif di California dan Texas dan telah dilarang di Selandia Baru dan Hawaii karena kemampuannya untuk berkembang pesat dan dapat mengambil alih suatu area. Namun, sekarang orang-orang justru suka menanam gulma invasif ini di halaman mereka.


Bagi penggemar fotografi, tentu tak asing lagi dengan bunga ini. Bunga ini menjadi salah satu bunga favorit fotografer. Bunganya seperti bulu-bulu halus, bertangkai panjang, dan berwarna kecokelatan.

2.      Bunga Baby Breath (Gypsophila paniculata)
Baby Breath Kering
bukalapak.co.id

Bunga Baby Breath indah sekali. Bunga ini berasal dari Eropa Tengah dan Eropa Timur, tetapi masih bisa ditanam di Indonesia. Ada yang warnanya putih, merah muda, dan kuning. Bunganya kecil-kecil dan melimpah-ruah. Bunga ini termasuk bunga yang awet segarnya. Ketika kering pun, dia masih terlihat sangat indah dan menjadi salah satu favorit fotografer untuk mengabadikan fotonya. Selain itu, bunga ini juga menjadi favorit untuk buket dan dekorasi pernikahan.

3.      Bunga Kapas
Bunga Kapas

Bunga kapas ini unik (karena saya baru pertama kali melihatnya). Bunganya berupa gumpalan kapas putih yang bikin jemari ingin terus memegang-megang.

4.      Bunga Cantel/ Sorghum vs Otek
Bunga Cantel/ Sorghum
tokopedia.co.id

Biasanya bunga otek lebih sering dipakai sebagai bunga kering. Bunga otek ini ciri-cirinya, biji-bijinya berbentuk cenderung lonjong, tidak mengumpul sesama biji, dan ukuran bunganya lebih panjang daripada bunga cantel/ sorghum. Meskipun aslinya adalah bunga otek, di kalangan perangkai bunga dan penikmat bunga, ada yang masih menyebutnya sebagai bunga cantel. Bunga cantel sendiri ukurannya tidak sepanjang bunga otek, bijinya bulat, dan biji-bijinya saling mengumpul sehingga penampakan luar bunga cantel terlihat gendut, tidak ramping seperti bunga otek.

5.      Bunga Jagung
Bunga Jagung

Bunga jagung ini tidak murni bunga dari jagung, tetapi bunga hasil kerajinan tangan dari klobot (bungkus bunga) jagung. Meski begitu, bunga ini bisa dipakai untuk buket dan dekorasi. Bunga ini bisa didapatkan di Pasar Beringharjo Yogyakarta.





Terima kasih kepada:
Allah
Ibu
Diri-sendiri ❥
Gorilla 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...