Kamis, 02 Juli 2020

ANEKA KREASI DESSERT TAPE KETAN

Dessert

Tape Ketan merupakan makanan tradisional dari daerah pasundan Jawa Barat. Tape Ketan sendiri sangat terkenal di daerah Kuningan, Jawa Barat.

APA ITU TAPE KETAN?
Tape Ketan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dengan rasa manis ataupun asam manis hasil fermentasi menggunakan ragi selama kurun waktu tertentu. Selama fermentasi, akan dihasilkan pula alhokol namun dengan kadar yang sedikit. Tenang, tape ketan ini halal kok, tidak memabukkan.

Di zaman sekarang ini di mana tercipta berbagai inovasi pangan. Tape ketan pun diolah sedemikian rupa sehingga tercipta berbagai kreasi modern. Olahan-olahan tape ketan itu di antaranya adalah


1.     Tape Ketan Ijo Original


Ini adalah varian tape ketan yang original dan diberi pewarna hijau (ijo). Rasanya asam manis. Biasanya tape ketan dimakan begitu saja atau “disendok” dengan emping melinjo sehingga menimbulkan perpaduan antara rasa asam manis gurih. Kebiasaan makan tape ketan dengan emping melinjo ini bisa kita jumpai ketika tetangga mengadakan hajatan.

2.     Es Tape Ketan

Tape ketan tidak hanya dinikmati sebagai makanan saja tetapi juga minuman. Sederhananya, kita masukkan tape ketan ke dalam gelas, lalu kita tuang air panas, aduk-aduk, tambahkan es, jadi deh es tape ketannya!

3.     Puding Tape Ketan

Kalau puding biasa kita nikmati dengan campuran buah atau saus cokelat, kali ini hadir varian puding yang dicampur tape ketan. Dessert ini tentu unik dan tak kalah dengan dessert-dessert puding lainnya.

4.     Pancake Tape Ketan

Kalau yang satu ini adalah tape ketan yang kita bungkus dengan semarak warna-warninya pancake. Menarik sekali memakan tape ketan dengan cara lain. Kalau tadi makan tape ketan dengan emping melinjo, sekarang gantian variasi lainnya yaitu makan tape ketan yang dibungkus pancake yang empuk.

5.     Cokelat-Bolu Tape Ketan

Ini adalah varian tape ketan 3 lapis dan paling menarik di antara yang lainnya (menurut saya). Lapisan-lapisan tersebut adalah tape ketan, bolu, dan coklat yang lumerrr di mulut. Belum lagi, di atas coklat lumernya ditambahin keju parut. Wah, mantap banget itu!

Ini hanyalah 5 dari sekian kreasi tape ketan yang aku jual. Kreasi-kreasi lainnya nanti aku unggah di Instagram aku @estiqomahshop . Untuk memesannya, kalian pre-order dulu yaa (khusus Jogja). Semoga hasrat penikmat tape ketan kalian bisa tersalurkan dengan hadirnya varian-varian tape ketan ini. Terima kasih sudah menyimak. Selamat beraktivitas!


Terima kasih kepada:

Diri-sendiri yang mau berjuang  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...