Jumat, 10 Juli 2020

MENGENAL BUMBU PAWON

Ilustrasi Bumbu Pawon
br.toluna.com


 Di dekat kamu ada warung sayuran? Kalau ada, biasanya di situ ada yang jualan “bumbu pawon” (bumbu dapur). Kamu sudah tahu belum bumbu pawon yang biasanya diplastikin jadi 1 itu isinya apa aja? Kalau belum tahu, sini aku kasih tahu. Bumbu pawon itu biasanya terdiri dari rimpang-rimpangan, dedaunan, dan rempah-rempah. Apa saja itu? Berikut sekilas ulasannya!


1.      Daun Salam
Daun Salam
merdeka.com

Daun salam adalah daun yang memberikan citarasa gurih dan harum pada masakan. Seringnya, daun salam digunakan untuk memasak sayur bersantan, soto, nasi, dll. Apabila daun salam kamu kering, sebaiknya tidak perlu dibuang karena masih bisa dipakai. Gurih dan harumnya masih ada.
  
2.      Daun Jeruk Purut
Daun Jeruk Purut
dream.co.id

Daun jeruk purut memberikan sensasi keharuman yang tidak kalah enak dengan daun salam. Daun jeruk purut biasanya digunakan dalam masakan soto, sambel, sayur bersantan, dll. Sayangnya, kalau sudah kering, daun jeruk purut ini tidak seperti daun salam. Dia tidak memberikan sensasi lagi.

3.      Serai
Serai
tokopedia.com

Serai memberikan aroma segar dan rerumputan yang enak sekali untuk dihirup dan dijadikan penyedap masakan. Serai biasa digunakan untuk memasak kolak, gulai, minuman berkhasiat, hingga perasa es krim. Penggunaan serai biasanya dipotong sedikit ujungnya lalu digeprek dan diikat bagian belakangnya.

4.      Jahe
Jahe
halodoc.com

Jahe sering kita pakai sebagai minuman ataupun penyedap rasa masakan. Jahe bercitarasa pedas semriwing segar. Jahe ini selain cocok untuk minuman, juga cocok dijadikan bumbu masak oseng-oseng, tongseng, gulai, dll. Variannya, ada jahe merah, jahe emprit, dan jahe gajah. Jahe ini bagus untuk menghangatkan badan, masuk angin, dll.
  
5.      Lengkuas
Lengkuas
shopee.co.id

Lengkuas cocok dijadikan bumbu masak oseng-oseng, lodeh, rica kemangi, dll. Pilihlah lengkuas yang ada tunasnya atau yang warnanya masih putih kemerahan sehingga empuk ketika diiris, tidak keras. Hal itu karena seringkali kita menemukan bahwa lengkuas susah diiris karena keras.

6.      Kunyit
Kunyit
jawapos.com

Kunyit ini warnanya oranye. Rasanya agak pahit sedikit. Di India, kunyit popular dijadikan susu kunyit bubuk dan berbagai masakan seperti chicken masala. Di Indonesia, kunyit dijadikan sebagai jamu kunyit asam selain sebagai bumbu berbagai masakan.

Pada Journal of Geriatric Psychiatry, diungkapkan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit dapat membantu meningkatkan kinerja memori pada penderita demensia dan Alzheimer.

7.      Kencur
Kencur
tokopedia.com

Kencur ini totally seger rasa dan baunya. Kencur ini menurut aku merupakan kunci kelezatan sebuah masakan yang bernama lotek. Abis kalau ada kencur dengan takaran yang pas, rasa loteknya tu jadi seger, enak gitu. Selain itu, kencur bisa untuk sayur bobor, mangut lele, lotisan, jamu beras kencur, dll.

Kencur mengandung di antaranya 71 kalori, 15 gram karbohidrat, dan 5,4 gram vitamin C. Dengan segala kandungannya, setelah diekstrak, kencur dapat menghancurkan kanker lambung! Leukemia! Kanker payudara! Meningkatkan jumlah sperma…, meningkatkan kesehatan otak, dan membantu menangani depresi. Hmm, jadi sehat itu murah ya.  

8.      Kunci dan Ketumbar
Temu Kunci
bukalapak.com

Dulu, kata ibuku, dalam bumbu pawon masih ada tu yang namanya kunci dan ketumbar dalam bumbu pawon yang diplastik itu. Mungkin sekarang sudah kemahalan kali ya kalau dua jenis ini ditambahkan. Yang jelas, kunci itu sangat enak sekali bila dipakai untuk memasak sayur brambang salam. Ketumbar sendiri rasanya gurih, cocok buat bumbu goreng-menggoreng lauk.

Akhir kata, selamat mengenal bumbu pawon dan selamat memasak dengan bumbu-bumbu tersebut!




Terima kasih kepada:
Semua pihak yang membantu
Diri-sendiri ❤❤  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...