Kamis, 09 Juli 2020

MENIKMATI TEH DI 4 NEGARA

Teh Panas
https://www.pexels.com/photo/teacup-with-tea-905485/ 

Teh dan teh. Hampir semua orang di dunia ini sehari-harinya tak bisa lepas dari teh. Dalam menikmatinya, teh bisa diminum tanpa atau dengan makanan tertentu. Bahkan, di negara tertentu ada upacara minum tehnya juga lho. Berikut sekilas tentang menikmati teh dari 4 negara.


1.      Indonesia
Di Indonesia, teh yang dinikmati biasanya adalah teh hitam meskipun sekaran mulai bermunculan juga teh bunga. Cara menikmati teh antardaerah pun tentu berbeda. Di Jogja, orang tua-orang tua biasanya menyukai teh yang “nasgitel” (panas, legi/ manis, dan kentel/ pekat). Di Jawa Barat tepatnya di Pangandaran, aku pernah kaget dengan teh yang disajikan di sebuah penginapan. Tehnya pahit tidak diberi gula.
 
Teh Nasgitel
picuki.com
Di Indonesia aku belum pernah mendengar ada tradisi khusus dalam menikmati teh. Teh disruput saja tanpa “teman”, tetapi kadang-kadang ada juga yang memberinya “teman” seperti singkong rebus, kacang rebus, gorengan, dan jajan pasar lainnya.

2.      Jepang
Teh yang dinikmati di Jepang ada 3:  teh hitam, teh hijau, dan teh putih. Meski begitu, teh hijau merupakan teh yang kebanyakan dinikmati masyarakat Jepang.
 
Teh Dalam Chanoyu
liburankejepang.com
Di Jepang ada yang namanya budaya upacara minum teh (chanoyu). Teh yang dipakai berbentuk bubuk hijau. Teh ini dilarutkan lalu diaduk-aduk menggunakan pengaduk seperti kuas unik tetapi terbuat dari bambu kalau tidak salah. Saat mengaduk dan mengambil pengaduk teh pun ada aturannya lho. Setelah terbuat, teh hijau ini disajikan bersama kue-kue mungil cantik nan manis sebagai pendampingnya sehingga rasa pahit pada teh pun dapat diimbangi. Rasanya enak.

3.      Inggris
Teh dan Scone
bbc.co.uk

Inggris terkenal juga dengan tehnya yang bermacam-macam mulai dari teh biasa, teh buah,  sampai teh bunga. Yang aku tau, kalau mau nikmat ngeteh dan merasakan budaya ngeteh di sana, kita bisa coba dengan menghadirkan kue scone sebagai pendampingnya. Dahulu, scone terasa tidak empuk, tetapi zaman sekarang ini, scone yang dibuat sudah terasa lembut dan empuk.

4.      Rusia
Teh

Orang Rusia bilang, keseharian mereka tidak bisa lepas dari teh. Mau minum, mau aktivitas apapun, mereka selalu mulai dengan teh sepanjang hari. Ternyata mereka lebih suka teh daripada vodka yang biasanya dinikmati orang asing. Mereka pun sering mengundang tamu untuk ngeteh. Bahkan saat travelling pun mereka bukannya membawa air mineral tetapi teh. Mereka pun lebih suka teh hitam pekat dan banyak gula.

“Zakhody na chai! (Ayo minum teh!),”kata orang Rusia. Menurut mereka, ngeteh bersama bisa membuat hubungan seseorang lebih dekat dengan percakapan yang bermakna dan penuh rasa.  




Thank`s to:
Diri-sendiriii ❤❤
Gori
Semua pihak yang membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...