Jumat, 31 Juli 2020

PERAYAAN IDUL ADHA DAN TIPS TENTANG MENYATE

Hewan Kurban

Alhamdulillah, Idul Adha telah tiba! Ritual setiap Idul Adha alias Idul Kurban ini diawali dengan mandi pagi untuk kemudian sholat Id bersama baik di masjid, mushola, halaman rumah, maupun di jalan. Keempat titik tersebut dipilih karena untuk menghindari penularan covid-19 (sholat Id tidak diadakan di lapangan luas seperti tahun-tahun sebelumnya). Segera setelah sholat, karena ini hari Jumat, hewan-hewan kurban langsung disembelih satu per satu. Untuk kambing, pengurbanannya diatasnamakan perorangan, untuk sapi, diatasnamakan kelompok (secara harga sapi mahal banget yaa, kecuali bagi yang betul-betul berduit).


Setelah disembelih dengan nama Allah, hewan kurban mulai dikuliti dan dipotong-potong menggunakan mesin. Alhasil, cepet banget kerja panitia kurban masjidku. Sekitar jam 09.30, daging kurban sudah dibagi-bagikan di RT terdekat dulu.

Daging kurban telah tiba! Tiba saatnya untuk masak-memasak daging merah nan lezat dan barokah ini. Di tempatku, kami memasak tongseng dan sate. Sebelum memasak, kami memotong-motong daging terlebih dahulu. Buat kita-kita yang suka nonton masterchef, tentu tau donk kalau salah satu yang bikin daging alot itu adalah bagian yang berwarna putih tapi bukan lemak. Nah, aku tadi coba menghilangkan bagian putih yang alot itu. Luar biasa susah juga ya. Bikin capek. Musti sabarrr. Akhirnya aku cuma berhasil potong daging untuk sate sebanyak 5 tusuk aja karena aku konsen banget ngilangin putih-putihnya itu.
 
Daging Kurban
Oiya, aku ada tips soal memotong daging merah. Jadi, agar empuk, cara memotong daging merah adalah tegak lurus dengan arah serat daging. Aku ada tips lagi nih. Kalau arang yang mau kamu gunakan untuk membakar sate ingin cepat membara,
1.      Siapkan strimin dengan ukuran kompor lalu taruh di atas kompor.
2.   Panggang arang di atas strimin. Setelah merah membara, arang bisa dipindahkan ke tungku. Tinggal ngipas deh pelan-pelan.


Selamat mempraktikkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...