Senin, 27 Juli 2020

PERSIAPAN MENUJU IDUL ADHA DAN ASAL-USUL SUNAH BERKURBAN

Idul kurban atau Idul Adha sebentar lagi datang. Jutaan sapi dan kambing akan disembelih sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah yang Maha Besar. Sebenarnya, ini juga merupakan jalan pintas untuk dicintai Allah lho.... Sayangnya aku belum bisa berkurban. Sedih. Semoga tahun depan bisa berkurban, kalau bisa sapi dah.



Hari Raya Idul Adha adalah salah satu dari hari besar umat Islam. Di dalam perayaan Idul Adha, selain sholat 2 rakaat di pagi hari bersama-sama (biasanya di lapangan tapi di masjid juga tidak apa-apa), umat Islam juga disunahkan untuk menyembelih hewan kurban. Perintah untuk berkurban berawal dari mimpi Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk menyembelih putranya, (Nabi) Ismail yang masih remaja. Mimpi adalah salah satu cara Allah menurunkan wahyu-Nya. Tentu saja perintah Allah ini teramat berat bagi Nabi Ibrahim untuk melaksanakannya. Namun, karena ketaatannya, berangkatlah beliau ke Mekah untuk menyembelih Ismail. Ismail anak yang soleh. Dia mengiyakan perintah Allah untuk disembelih ayahnya, Nabi Ibrahim. Namun, saat parang digunakan untuk menyembelih Ismail, ternyata parang itu tumpul sehingga tidak bisa digunakan menyembelih Ismail. Allah pun mengadakan seekor kambing di samping Nabi Ibrahim lalu menyuruh Nabi Ibrahim menyembelih kambing itu. Jadi sebenarnya, perintah untuk menyembelih Ismail itu hanyalah suatu ujian untuk melihat sejauh mana kecintaan dan ketaatan Nabi Ibrahim terhadap Allah. Inilah asal mula sunah berkurban.



Di kampungku, persiapan untuk penyembelihan hewan kurban sudah dilaksanakan seminggu sebelumnya. Tanah kosong atau kebon yang biasa dipakai untuk mengumpulkan hewan kurban sudah dibersihkan dari rumput-rumput liar dan sudah ditancapkan tiang-tiang dari bambu untuk mengikat hewan kurban. Selain itu, di depan masjid sudah didirikan tenda biru untuk tempat penyembelihan dan pemotongan daging. Sudah sampai sejauh ini sih persiapannya mengingat 4 hari lagi sudah akan datang hari raya Idul Adha. Di tempatmu persiapannya sudah sejauh mana?






Terima kasih:
Allah
Gori
Moon

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...