Rabu, 22 Juli 2020

VINUSHA MK, KETIKA PASSION MENUNTUNNYA MENJADI WIRAUSAHAWAN CILIK TERKEMUKA INDIA

Vinusha MK

Usianya memang baru 10 tahun. Namun, gadis kecil ini sudah menjadi seorang wirausahawan terkemuka di India! Dia adalah Vinusha MK. Passion-nya di bidang baking membawanya menjadi seorang wirausahawan. Di usianya yang baru 10 tahun, dia sudah mendirikan usaha di bidang pastry dengan nama “Four Seasons Pastry” pada 15 September 2019. Tak sampai di situ. Dia pun telah mendaftarkan usahanya dengan nama perusahaan “Vinusha Four Seasons Pastry Pvt Ltd”.

Cupcake Vinusha

Vinusha tinggal di kota Chennai, provinsi Tamil Nadu, India. Hobinya adalah baking dan membaca buku, terutama buku dari penulis terkenal India, Sudha Murty. “Aku telah membaca semua buku-bukunya. Keren sekali,” ungkap Vinusha.

Sebagai seorang pelajar sekaligus wirausahawan, tentu dia memiliki kesibukan tersendiri. Dalam kesehariannya, Vinusha yang masih 10 tahun ini sudah aktif membaca koran, mengecek email, menghadiri webinar tentang baking atau kewirausahaan, dan bersekolah. Tak ketinggalan, sebagai seorang chef junior dia pun meluangkan waktu untuk mencoba beberapa resep baking baru. Namun, jangan salah. Setiap akhir pekan, dia menghabiskan waktunya untuk bermain bersama teman-temannya.
Cupcake Vinusha
 
Awal mempelajari baking, Vinusha bertemu dengan Suresh (mentor memasaknya kelak) di sebuah event memasak. Saat itu, Suresh sedang membuat kue-kue seperti pancake dan falooda. Berawal dari situ, Vinusha pun memutuskan untuk belajar membuat kue dari Suresh. Tak hanya Suresh yang dia jadikan mentor baking. Dia masih memiliki 2 mentor lainnya yang ia jumpai di sebuah expo memasak.

Di perusahaannya, Four Seasons Pastry, terdapat produk-produk yang menggiurkan seperti cupcake, cake, cokelat, sandwich, dan peralatan baking. Produk-produk tersebut dapat dijumpai di event-event besar dan e-commerce India.

Usaha tak selamanya berjalan menyenangkan. Vinusha pun memiliki suka-duka dalam usaha baking-nya. Yang menyebalkan, di beberapa event kadang customer membatalkan orderan di menit-menit terakhir.
  
Berbicara tentang impian, setiap orang tentu memiliki impian, apalagi bagi anak-anak seperti Vinusha. Impiannya pun tak main-main. Dia ingin memperkenalkan alat-alat baking untuk anak-anak miliknya ke seluruh India. Tak hanya itu. Dia pun bercita-cita ingin mendirikan sekolah baking untuk anak-anak kurang mampu di India. Sebuah cita-cita yang mulia.

Chef Junior Sekaligus Wirausahawan Cilik
Di usianya yang masih anak-anak, ternyata Vinusha sudah berpikir tentang masa depan. Masa depan yang ada di benaknya terkait dengan yang namanya passion. Dia sangat memperhatikan passion-nya. Orang tentu lebih bahagia dan bersemangat hidup kalau memiliki passion. Berawal dari situlah Vinusha berpesan khususnya kepada para orang tua, “Bantulah anakmu untuk menemukan passion-nya dan dukung dia!”





Terima kasih kepada:
Vinusha MK
Bear
Moon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMASANGAN BENDERA MERAH PUTIH DI TANAH AIR

Sang Saka Merah Putih Hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal 16 hari lagi, 2 pekan lebih sedikit. Setiap tahun seluruh Indonesia...